Selasa, 22 September 2015

Pengertian & Dasar Hukum Rukun Iman dalam Agama Islam

Pengertian Rukun Iman

Segala sesuatu pasti memiliki rukun/pokok.Kata rukun di dalamrukun iman adalah landasan atau dasar. Artinye 6 hal dasar yang di sebutkan didalam rukun iman adalah landasan utama dalam memeluk agama islam.

Mengapa bisa demikian? Karena semua rukun iman ini saling berkaitan satu sama lainnya. Jika kita mempercayai Allah maka kita wajib juga mempercayai yang lainnya sesuai dengan isi rukun iman.
"Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul-NYA dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, amaka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasulnya (Sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. Al-Qur'an Surat Annisa ayat 59

Iman menurut bahasa adalah percaya atau membenarkan (Tashdiq), Sedangkan istilah syar'i iman adalah keyakinan dalam hati, perkataan di lisan, amalan dengan anggota badan, bertambah dengan melakukan ketaatan dan berkurangnya bertindak maksiat"
Para ulama menjadikan amal termasuk unsur keimanan. Oleh sebab itu iman bisa bertambah dan iman juga bisa berkurang.

Baca Juga : Kumpulan DO'A DO'A Saat Kita Mendapatkan Ujian Sakit Dari Allah


Dengan ini Iman dapat di simpulkan memiliki 5 karakter
  1. keyakinan hati
  2. perkataan lisan
  3. amal perbuatan
  4. bisa bertambah
  5. bisa berkurang
hal ini sesuai firman Allah :
"Agar bertambah keimanan mereka diatas keimanan mereke yang sudah ada" QS Al Fath 4

Salah satu imam besar pernah berkata:"Iman itu meliputi perkataan dan perbuatan. Iman bisa bertambah dan bisa berkurang. Bertambah iman dengan sebab ketaatan dan berkurang dengan sebab kemaksiatan" Imam Safi'i

Sedangkan Menurut imam Ahmad"Iman bisa bertambah dan bisa berkurang. Iman bertambah dengan melakukan amal baik dan berkurang dengan sebab meninggalkan amal baik"

Berikut Rukun Iman :
  1. Iman Kepada Allah
  2. Iman Kepada Malaikat
  3. Iman kepada kitab-kitab Allah
  4. Iman Kepada Rasul
  5. Iman Kepada Hari Akhir
  6. Iman Kepada Qodo dan Qodar

Dasar hukum


Diantara dasar hukum yang disebut di dalam Al-Qur'an,

“Katakanlah (wahai orang-orang yang beriman): “Kami beriman kepada Allah dan kitab yang diturunkan kepada kami, dan kitab yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, dan kitab yang diberikan kepada Musa dan Isa serta kitab yang diberikan kepada nabi-nabi dari Rabb mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya.”
    —QS. Al-Baqarah: 136

 “...dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya.”
    — QS. Al-Anbiya`: 19-20

Hadits Jibril, tentang seseorang yang bertanya kepada nabi.

"“Beritahukan kepadaku tentang Iman”. Nabi menjawab, ”Iman adalah, engkau beriman kepada Allah; malaikatNya; kitab-kitabNya; para rasulNya; hari Akhir, dan beriman kepada takdir Allah yang baik dan yang buruk,” ia berkata, “Engkau benar.” ...Kemudian lelaki tersebut segera pergi. Aku pun terdiam, sehingga nabi bertanya kepadaku: “Wahai, Umar! Tahukah engkau, siapa yang bertanya tadi?” Aku menjawab, ”Allah dan rasulNya lebih mengetahui,” Dia bersabda, ”Dia adalah Jibril yang mengajarkan kalian tentang agama kalian.”"
    — HR Muslim, no. 8[6]
Print PDF

Jadilah orang yang pertama untuk membagikan artikel ini, biar Allah dan malaikatnya membalas kebaikan Anda

Natas-Nitis-Netes

0 Comment to "Pengertian & Dasar Hukum Rukun Iman dalam Agama Islam"

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Rahasia Al-Quran Yang Mau berdiskusi berkaitan tentang Artikel yang sudah Anda baca, Tuliskan Bahasan Anda dengan sopan dan baik seusai etika