Jumat, 25 September 2015

Iman Kepada Malaikat-Malaikat Allah Beserta Tugas-Tugas Para Malaikat

Ilustrasi


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sahabat Blog Rahasia & Mukjizat Al-Qur'an yang di rahmati Allah. Kali ini saya akan posting tentang rukun iman yang ke-2 yaitu iman kepada Malaikat. Sebagaimana telah di ketahui Malaikat-malaikat disini adalah makhluk yang Ghoib (tidak terlihat oleh kasap mata) hanya orang-orang yang dapat izin Allah SWT dapat melihatNYA.
  •  Pengertian Malaikat :
Malaikat dalam (bahasa Arab: ملاءكة malāʾikah; tunggal: ملاك atau مَلَكْ malāk) adalah makhluk yang memiliki kekuatan-kekuatan yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah.
  • Wujud dan Penciptaan Malaikat :
Malaikat di ciptakan oleh Allah SWT dari cahaya atau Nur,
"Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."Fatir 35:1

Kemudian dalam beberapa hadits dikatakan bahwa Jibril memiliki 600 sayap, Israfil memiliki 1200 sayap, dimana satu sayapnya menyamai 600 sayap Jibril dan yang terakhir dikatakan bahwa Hamalat al-'Arsy memiliki 2400 sayap dimana satu sayapnya menyamai 1200 sayap Israfil.

Wujud malaikat mustahil dapat dilihat dengan mata telanjang, karena mata manusia tercipta dari unsur dasar tanah liat kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk tidak akan mampu melihat wujud dari malaikat yang asalnya terdiri dari cahaya, hanya Nabi Muhammad S.A.W yang mampu melihat wujud asli malaikat bahkan sampai dua kali.

Baca Juga : Umat Islam Harus Iman Kepada Allah, Apa Maksud & Tujuannya?


Mereka tidak bertambah tua ataupun bertambah muda, keadaan mereka sekarang sama persis ketika mereka diciptakan. Dalam ajaran Islam, ibadah manusia dan jin lebih disukai oleh Allah dibandingkan ibadah para malaikat, karena manusia dan jin bisa menentukan pilihannya sendiri berbeda dengan malaikat yang tidak memiliki pilihan lain. Malaikat mengemban tugas-tugas tertentu dalam mengelola alam semesta. Mereka dapat melintasi alam semesta secepat kilat atau bahkan lebih cepat lagi. Mereka tidak berjenis lelaki atau perempuan dan tidak berkeluarga.
  • Jumlah Malaikat-Malaikat Allah SWT :
Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa. Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya.

Dalam kitab Aqidatul Awam, jumlah malaikat yang wajib di ketahui dan di hafalkan jumlahnya ada 10 :
  1. Malaikat Jibril Tugasnya adalah menyampaikan wahyu kepada Nabi dan Rasul
  2. Malaikat Mikail Tugasnya Memberi Rezeki kepada seluruh mahluk semesta alam mengatur peredaran matahari dan bulan
  3. Malaikat Isrofil Tugasnya Meniup Terompet sangkakala saat kiamat dan hari kebangkitan
  4. Malaikat Izrail Bertugas mencabut nyawa
  5. Malaikat Munkar Bertugas memeriksa segala bentuk amal (BAIK& BURUK) di alam kubur
  6. Malaikat Nakir Bertugas Sama seperti Malaikat Munkar
  7. Malaikat Rokib Tugasnya mencatat amal baik
  8. Malaikat Atid Tugasnya mencatat amal buruk
  9. Malaikat Malik Tugasnya Menjaga pintu neraka
  10. Malaikat Ridwan Tugasnya Menjaga Pintu Surga
Berikut 9 sifat malaikat yang diyakini oleh umat Islam adalah sebagai berikut:
  1. Selalu bertasbih siang dan malam tidak pernah berhenti.
  2. Suci dari sifat-sifat manusia dan jin, seperti hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, bercanda, berdebat, dan lainnya.
  3. Selalu takut dan taat kepada Allah.
  4. Tidak pernah maksiat dan selalu mengamalkan apa saja yang diperintahkan-Nya.
  5. Mempunyai sifat malu.
  6. Bisa terganggu dengan bau tidak sedap, anjing dan patung.
  7. Tidak makan dan minum.
  8. Mampu mengubah wujudnya.
  9. Memiliki kekuatan dan kecepatan cahaya.

Malaikat tidak pernah lelah dalam melaksanakan apa-apa yang diperintahkan kepada mereka. Sebagai makhluk ghaib, wujud Malaikat tidak dapat dilihat, didengar, diraba, dicium dan dirasakan oleh manusia, dengan kata lain tidak dapat dijangkau oleh panca indera, kecuali jika malaikat menampakkan diri dalam rupa tertentu, seperti rupa manusia. 

Tempat yang tidak disukai malaikat

Ada beberapa tempat dimana para malaikat tidak akan mendatangi tempat (rumah) tersebut dan ada pendapat lain yang mengatakan adanya pengecualian terhadap malaikat-malaikat tertentu yang tetap akan mengunjungi tempat-tempat tersebut. Pendapat ini telah disampaikan oleh Ibnu Wadhoh, Imam Al-Khothobi, dan yang lainnya. Tempat atau rumah yang tidak dimasuki oleh malaikat itu di antara lain adalah:
  1. Tempat yang di dalamnya terdapat anjing, (kecuali anjing untuk kepentingan penjagaan keamanan, pertanian dan berburu)
  2. Tempat yang terdapat patung (gambar)
  3. Tempat yang di dalamnya ada seseorang muslim yang mengacungkan dengan senjata terhadap saudaranya sesama muslim
  4. Tempat yang memiliki bau tidak sedap atau menyengat.
Kesemuanya itu berdasarkan dalil dari hadits shahih yang dicatat oleh para Imam, di antaranya adalah Ahmad, Bukhari, Tirmidzy, Muslim, dan lainnya. Tidak sedikit nash hadits yang menyatakan bahwa malaikat rahmat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan pahala pemilik anjing akan susut atau berkurang.

Sekian tentang Iman kepada malaikat Allah, Penulis masih jauh dari kesempurnaan bila ada materi yang kurang bolehlah kita diskusikan bersama-sama.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Print PDF

Jadilah orang yang pertama untuk membagikan artikel ini, biar Allah dan malaikatnya membalas kebaikan Anda

Natas-Nitis-Netes

1 Response to "Iman Kepada Malaikat-Malaikat Allah Beserta Tugas-Tugas Para Malaikat"

  1. Selamat pagi, terimah kasih telah berbagi ilmu gan,

    oia salam kenal
    dari
    Pedagang Al Quran Readpen PQ15

    BalasHapus

Untuk Para Sahabat Rahasia Al-Quran Yang Mau berdiskusi berkaitan tentang Artikel yang sudah Anda baca, Tuliskan Bahasan Anda dengan sopan dan baik seusai etika